Semangat Kerukunan Masyarakat Desa Ngembel dalam Gotong Royong Pembangunan Rumah Warga

Meiningtiyas 28 Juli 2018 12:07:14 WIB

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) adalah salah satu program dan bantuan pemerintah yang diberikan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup yang berkaitan dengan rumah hunian. Dalam masyarakat umum, program bantuan ini dikenal dengan istilah bedah rumah. Dalam jumpa Pers, Jum’at 29 Desember 2017, Khalawi Abdul Hamid selaku Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa program BSPS pada dasarnya sebagai stimulan dari pemerinah kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk meningkatkan keswadayaannya dalam pemenuhan rumah layak huni.

Dalam program ini, Desa Ngembel tercatat memiliki 35 keluarga atau rumah yang akan direnovasi. Adapun jumlah tersebut terdiri dari 25 keluarga dari data awal dan 10 keluarga merupakan data susulan. Sementara untuk jumlah bantuannya, bantuan bernilai uang 15 Juta Rupiah. Namun bantuan tersebut tidak diberikan dalam bentuk uang secara tunai melainkan langsung berupa bahan bangunan. Sementara yang bernilai 2,5 Juta disisakan untuk jasa tukang bangunan selama masa pengerjaan bedah rumah. Namun hal tersebut bukan tanpa kesulitan, di lapangan ada beberapa keluarga dengan kriteria layak menerima bantuan namun tidak bersedia menerima bantuan tersebut dengan beberapa pertimbangan. Beberapa alasan ketidaksediaannya adalah ketakutan masyarakat tersebut mengenai tenaga kerja selama pembangunan dan kebutuhan lain-lain yang diperlukan sebai penunjang selesainya pekerjaan.

Namun sebagaimana dijelaskan di atas, bahwa program ini merupakan Bantuan Stimulus Perumahan Swadaya. Sehingga merujuk pada namanya, program ini adalah bantuan yang diberikan dengan tidak hanya memberi bantuan materiil kepada penerimanya melainkan juga memberikan stimulus bagi lahirnya kemandirian masyarakat dalam lingkungannya. Hal tersebut salah satunya terwujud dengan pola kerukunan masyarakat yang mampu menghadirkan tenaga swadaya dalam pembangunan rumah tetangganya.

Untuk kegiatan BSPS atau yang biasa disebut oleh masyarakat luas dengan istilah bedah rumah, di Desa Ngembel kegiatan pembangunan sudah berjalan cukup baik. Setidaknya untuk 25 keluarga yang berhak memperoleh bantuan sesuai data awal sudah mulai melakukan renovasi rumah. Adapun untuk kegiatan pembangunannya sendiri, masyarakat dengan kerelaan hati dan tanpa ada perintah dari pemerintah desa melakukan kerja bakti dalam menyelesaikan pembangunan. Hal tersebut hadir sebagai wujud bahwa masyarakat Desa Ngembel masih begitu rukun, serta memegang teguh tenggang rasa dan simpati pada keadaan sekitar yang tercermin dalam kegiatan keseharian. Sebuah sikap yang hadir dari rasa saling memiliki, kekeluargaan dan melahirkan kepedulian dan kerukunan.

Semoga dengan adanya program BSPS ini, mampu memberi ruang besar bagi kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Serta kehadirannya mampu memupuk semangat kepedulian, semangat kekeluargaan menuju masayarakat Desa Ngembel yang mandiri, maju tanpa meninggalkan nilai kerukunan pada keseharian. Dan semoga semangat pembangunan terus lahir dari kita sebagai subjek pembangunan sehingga terwujud slogan “Dari Membangun Desa menuju Desa Membangun”. []/Syt.Ty//

Dokumen Lampiran : Semangat Kerukunan Masyarakat Desa Ngembel dalam Kerja Bakti Pembangunan Rumah Warga


Komentar atas Semangat Kerukunan Masyarakat Desa Ngembel dalam Gotong Royong Pembangunan Rumah Warga

Aries 28 Juli 2018 12:28:57 WIB
Smgt pokoke josht

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Ngembel

tampilkan dalam peta lebih besar