Mendongkrak Jiwa Wirausaha*

Meiningtiyas 14 September 2018 15:23:07 WIB

Oleh: Armelia Agustina


Saat ini di tengah masyarakat kita, masih banyak yang beranggapan bahwa bekerja di kota besar lebih menjanjikan dibandingkan bekerja di desa. Setidaknya kita bisa membuktikan dengan melihat banyaknya anak muda yang mencari pekerjaan di luar daerahnya sendiri. Padahal jika kita mau sedikit membuka wawasan, banyak hal yang bisa kita bangun untuk menyejahterakan kehidupan tanpa perlu meninggalkan kerabat yang ada di desa. Bukankah lebih enak, bekerja dengan gagasan sendiri daripada harus ikut dengan orang lain? Bahkan sekecil apapun usaha yang kita buat, kita adalah pengusaha. Dan sebesar apapun jabatan kita di kantor, kita hanya sebatas karyawan.

Sejauh ini, sudah terlihat berbagai usaha di desa dalam meningkatkan perekonomian. Tapi mirisnya, usaha mereka hanya berhenti di lingkup desa. Misalnya saja, usaha yang digeluti oleh Bapak Pairin, keripik yang digemari berbagai kalangan itu seharusnya bisa bersaing dengan keripik-keripik lain jika bisa dipasarkan dengan lingkup yang lebih jauh lagi. Terlebih, di era digital yang semakin pesat, seharusnya mampu mempermudahkan kita untuk memasarkan suatu produk. Dari sinilah fungsi pemerintah untuk aktif mendorong para pengusaha kecil agar bisa berkembang.

Jika pemerintah bisa memasarkan produk-produk lokal, tidak menuntut kemungkinan akan memupuk jiwa anak muda saat ini untuk memberikan inovasi-inovasi sehingga bisa membangun gagasan yang mereka miliki. Pemerintah juga diharapkan memberikan wadah dan tempat inspirasi bagi mereka yang akan memulai usaha. Selain peran pemerintah, pentingnya peran para pedagang yang ada di wilayah setempat dalam memasarkan produk masyarakatnya.

Mengapa demikian? Karena sejauh ini masih banyak pedagang yang memilih memasarkan produk-produk dari luar untuk dijual kembali di desa. Padahal desa sendiri sudah memiliki produk yang sama. Maka untuk meningkatkan perekonomian desa, kita semua harus ikut andil dan bergotong-royong dalam mendorong usaha yang telah dimiliki masyarakat. Dengan adanya sinergi antar masyarakat tersebut, diharapkan kita para generasi muda mampu menciptakan peluang usaha yang dapat bersaing dan menjadikan produk tersebut menjadi produk unggulan yang patut dibanggakan.


*Tulisan merupakan Esai Juara 1 dalam Lomba Menulis Esai pada PHBN Desa Ngembel 2018 oleh masyarakat.

Komentar atas Mendongkrak Jiwa Wirausaha*

15 September 2018 19:47:13 WIB
Semangat terus enterpreneur muda desa ngembel...

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Ngembel

tampilkan dalam peta lebih besar