SENAM BIBER Untuk Pelestarian Sumber Mata Air

Administrator 10 Januari 2020 08:27:36 WIB

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi kehidupan makhluk hidup. Pun begitu, ketersediaan akan air bersih semakin hari semakin sulit diperoleh, sumber mata air mengalami penurunan debit air sehingga kemarau panjang menyebabkan kekeringan di berbagai wilayah. Di Desa Ngembel, pada kemarau panjang tahun ini saja sekitar 80% masyarakat mengalami kesulitan dalam mendapatkan air bersih.

Dalam rangka Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Januari Desa Ngembel bersama Dinas PKPLH Trenggalek melaksanakan kegiatan menanam pohon di Hutan Tutup Sumber Winong-Winong. Bibit yang ditanam berupa pohon rimba, seperti trembesi, beringin, dan pucung yang didapat dari dinas terkait. Kegiatan yang mengambil tajuk SENAM BIBER (Serentak Menanam Bibit Tutup Sumber) dihadiri oleh masyarakat pengguna sumber air, Pesanggem, LMDH, Karang Taruna, Pemerintah Desa bersama Bidan Desa dan Sekolah Dasar di lingkup desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Kepala Resort Polisi Hutan.

Dalam kegiatan tersebut Pj. Kepala Desa Ngembel menyampaikan kepada masyarakat untuk menjaga dan melestarikan hutan tutup sumber supaya sumber mata air yang ada tetap lestari. Sehingga melalui kegiatan tersebut diharapkan kelestarian hutan utamanya di kawasan tutup sumber tetap terjaga keseimbangan ekologi serta mampu membawa dampak bagi keterikatan tanah dan meningkatnya debit air. []/Syt.Ty//

Komentar atas SENAM BIBER Untuk Pelestarian Sumber Mata Air

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Ngembel

tampilkan dalam peta lebih besar