Rapat Koordinasi Pembangunan Desa antara Pemerintah Desa dan Lembaga-Lembaga Desa

Meiningtiyas 04 Juni 2020 20:53:07 WIB

Rapat Koordinasi Pembangunan Desa antara Pemerintah Desa dan Lembaga-Lembaga Desa

Kamis, 04 Juni 2020 di pada pukul 09.30- 11.15 WIB di Balai Desa Ngembel dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi antar Lembaga Desa terkait beberapa point bahasan. Point bahasan dalam Rapat Koordinasi tersebut ada tiga; a). Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), b). Pembangunan Insfrastruktur Desa, c). Kegiatan Budaya dan Adat Masyarakat Desa, dan d). Giat Persiapan Musdes untuk tahun 2021

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Pj Kepala Desa Ngembel Hardiyanto S.Sos dengan dihadiri oleh segenap Pemerintah Desa, Tiga Pilar, Lembaga Desa (BPD), Lembaga Kemasyarakatan Desa ( RT, RW, dan LPM) serta dihadiri oleh Pendamping Desa.

Dalam pembahasan pertama, kegiatan dilaksanakan dengan sosialisasi ulang terkait progam PTSL guna pengoptimalan pendaftaran sertifikat kepemilikan tanah masyarakat secara menyeluruh yang dipimpin oleh Ketua Pokmas PTSL. Hal tersebut mengingat bahwa PTSL merupakan Program Prioritas Nasional dari Kementerian ATR/ BPN dalam menanggulangi permasalahan dan memudahkan Pemerintah Daerah untuk melakukan Penataan Kota.

Selanjutnya, pembahasan selanjutnya terkait Pembangunan Infrastruktur Desa dengan pembacaan Tim Pelaksana Kegiatan selama tahun berjalan. Sedangkan untuk Kegiatan Budaya dan Adat Masyarakat Desa disepakati untuk dilaksanakan dengan melibatkan Rukun Tetangga (RT) dengan membawa tumpeng ke Balai Desa.

Adapun untuk pembahasan selanjutnya adalah Giat Persiapan Musdes Tahun 2021 yang merupakan hajad dari Badan Perwakilan Desa (BPD). Hal tersebut sebagaimana peran, tugas dan tanggung jawab BPD selaku Lembaga Desa yang mmenjadi wadah bagi wakil masyarakat dalam menampung aspirasi baik dari keterwakilan wilayah maupun dari keterwakilan perempuan. Selain itu, Musdes merupakan hajat BPD sebagai embrio awal penetapan rencana kerja pembangunan dan pemberdayaan.

Rapat Koordinasi oleh Pemerintah Desa dan Lembaga-Lembaga Desa tersebut diharapkan mampu menjadi media bersama dalam memutuskan kesepakatan, menyampaikan saran dan usulan serta menjadi media sosialisasi program berjalan.[]/ty//

Komentar atas Rapat Koordinasi Pembangunan Desa antara Pemerintah Desa dan Lembaga-Lembaga Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Ngembel

tampilkan dalam peta lebih besar