Sosialisasi Keliling tentang Penerapan 3M dan Penghapusan Stigma Negatif di Masa Pandemi Covid-19

Administrator 21 Januari 2021 16:52:58 WIB

Kamis, 21 Januari 2021 Pemerintah Desa Ngembel melaksanakan kegiatan ledang atau sosialisasi keliling terkait upaya meminimalisir penyebaran virus korona di masyarakat. Ledang dimaksudkan sebagai sosialisasi alternatif kepada masyarakat luas di masa Pandemi Covid-19 karena adanya batasan mengumpulkan massa.

Adapun materi dalam sosialisasi meliputi dua unsur. Pertama, peringatan tentang pentingnya konsistensi menjalankan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak). Dalam hal ini, menjalankan 3 M adalah langkah preventif yang dianjurkan oleh dunia kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus korona. pun demikian, tiga kebiasaan baru yang digalangkan pemerintah di Era New Normal tersebut kini sudah banyak diabaikan oleh smasyarakat luas ehingga harus terus disosialisasikan mengingat tingginya tingkat penyebaran virus di wilayah Trenggalek.

Kedua, yaitu pemberian sosialisasi kepada masyarakat mengenai pengertian dari wabah virus korona. Hal tersebut dimaksudkan bahwa virus korona atau Covid-19 adalah wabah penyakit, bukan aib yang melekat pada manusia yang terjangkit.  Dengan pemahaman ini diharapkan adanya partisipsi aktif dalam upaya memberi dukungan kepada masyarakat yang positif terjangkit virus. Dukungan tersebut salah satunya dengan tidak melabeli stigma negartif yang berpotensi mengucilkan pihak terkait dan keluarga. Sehingga meskipun menerapkan pola jaga jarak terhadap masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri, kita tetap bisa menjalin silaturahmi dengan menjaga komunikasi yang berpotensi memberi semangat, salah satunya bisa lewat media sosial.

Sosialisasi tersebut diharapkan menjadi langkah yang efektif dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat luas tentang pentingnya menerapkan pola hidup sehat sebagai langkah preventif memutus mata rantai penyebaran virus serta harapan panjang bagi terciptanya masyarakat yang kondusif dengan mempertimbangkan sisi kemanusiaan. []/st.ty/

Komentar atas Sosialisasi Keliling tentang Penerapan 3M dan Penghapusan Stigma Negatif di Masa Pandemi Covid-19

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Ngembel

tampilkan dalam peta lebih besar