Rembuk Stunting : Strategi Konvergensi dalam Pencegahan dan Penanganan Stunting di Desa Ngembel

Administrator 21 Juli 2023 10:20:45 WIB

Pemerintah Desa Ngembel menyelenggarakan Rembuk Stunting pada hari Senin, 19 Juni 2023 bertempat di Balai Desa Ngembel. Rembuk stunting ini merupakan forum parsitipatif yang melibatkan  unsur Tiga Pilar Desa, Pendamping Desa, BPD, TP PKK, Bidan Desa, Guru TK PAUD, KPM, Serta Kader Posyandu. Dalam kegiatan ini, dihadirkan pula narasumber yakni Kepala Puskesmas Slawe.

Rembuk stunting dilaksanakan sebagai strategi konvergensi dalam penanggulangan dan pencegahan stunting di Desa Ngembel. Yang mana, pelaksanaan rembuk stunting ini sebagai salah satu tahapan perencanaan pembangunan untuk satu tahun kedepan, yakni RKP Desa tahun 2024.

Mengawali penyampaian materi, Kepala Puskesmas Slawe, dr. Ulfa menyampaikan bahwa konvergensi penanganan stunting di Desa Ngembel sudah berjalan baik dengan adanya pemantauan berat badan bagi semua balita melalui kegiatan posyandu. Pencegahan stunting penting dilakukan sejak usia kehamilan, karenanya sangat penting untuk dilakukan pengecekan Kesehatan rutin bagi ibu hamil di Polindes dan Puskesmas

Selanjutnya, dalam sesi rembuk yang dipandu oleh bidan desa ada tiga topik utama yang dibahas, yakni pemberian makanan tambahan untuk balita gizi kurang dan PMT untuk ibu hamil KEK yang sudah berjalan di tahun-tahun sebelumnya untuk tetap diadakan pada tahun 2024 mendatang. Serta, perlu diadakan kelas parenting untuk ibu bayi-balita utamanya dalam memberikan edukasi kepada para ibu baru tentang gizi untuk bayi maupun balitanya.

Hasil rembuk stunting ini selanjutnya digunakan sebagai bahan dalam penyusunan rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) Desa Ngembel tahun 2024.

 

Komentar atas Rembuk Stunting : Strategi Konvergensi dalam Pencegahan dan Penanganan Stunting di Desa Ngembel

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Ngembel

tampilkan dalam peta lebih besar