Kerajinan Mural Wajah Karya Masyarakat Desa Ngembel

Administrator 17 April 2018 17:38:55 WIB

Kerajinan mural wajah dari kayu merupakan salah satu kerajinan tangan yang  banyak diminati masyarakat Trenggalek. Kendati demikian kerajinan tersebut merupakan salah satu kerajinan yang memiliki nilai prestise, hal tersebut dikarenakan faktor jumlah peminat  yang begitu besar namun secara SDM keterampilan tersebut hanya dimiliki oleh sedikit masyarakat. Sebagai sebuah kerajinan tangan, mural wajah memperoleh pasar di kalangan peminatnya karena nilai estetika dalam pahatan seni yang ada di dalam etiap hasil karyanya. Hal tersebut yang kemudian menjadikan mural wajah sebagai salah satu cindera mata asal Trenggalek yang banyak diminati masyarakat secara luas.

Saiful Pribadi adalah salah satu masyarakat yang berdomisili di Desa Ngembel tepatnya dari RT 15 RW 04 Dusun Ampelgading yang dianugerahi keahlian dalam membuat mural dari kayu. Berbekal keahlian dan keterampilan dari tangan dinginnya, lelaki kelahiran 1986 ini menjadi satu-satunya masyarakat yang berdomisili di Desa Ngembel yang menjadikan mural wajah dari kayu sebagai sebuah kerajinan yang bernilai jual lebih. Berbagai macam cindera mata mural baik berupa wajah, jam, dan karikatur telah berhasil diselesaikannya sebagai bentuk keseriusan dalam meningkatkan keterampilan serta upaya memenuhi pesanan yang beragam dari berbagai kalangan.

Lebih lanjut, hasil kerajinan tangan tersebut tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal melainkan juga masyarakat dalam skala nasional. Beberapa tokoh masyarakat dan artis dari berbagai kota di Indonesia pernah memesan cindera mata hasil karya Saiful Pribadi. Beberapa tokoh tersebut diantaranya adalah Emil Dardak, Gus Ipin, Arumi Bachsin, Deddy Corbuzier, Pakdhe Karwo, Eddy Baskoro Yudoyono dan beberapa tokoh lainnya. Berbagai pesanan mural tersebut tidak hanya dijadikan sebagai cindera mata untuk kegiatan namun juga dipesan sebagai bentuk pendokumentasian diri lewat ukiran mural.  

Dari sederet prestasi dan keunikan hasil kerajinan mural kayu tersebut telah berhasil membawa sosok bapak dua anak ini tampil di berbagai TV Swasta dan juga masuk dalam Koran Nasional. Saiful Pribadi menjadi sebagai salah satu pengrajin mural asal Trenggalek yang memiliki nama besar yang mengharumkan daerah asalnya. Selain itu dengan keterampilan yang dimilikinya, Saiful Pribadi didapuk oleh Trenggalek dalam mewakili salah satu pameran produk kerajinan tangan di Surabaya. Tentu selain prestasi  dan keterampilannya dalam berkarya, ada sesuatu yang menjadikan desa harus berbangga, bahwa keterampilan dari salah satu masyarakat desa mampu meningkatkan taraf hidup keluarga. Dengan menjadikan keterampilan dan karyanya sebagai sebuah profesi yang terus diasah dan dikembangkan. Semoga dengan kemampuan yang dimiliki Saiful Pribadi ini mampu mendorong masyarakat Desa Ngembel khususnya para pemuda untuk senantiasa menumbuhkan semangat belajar dan menjadikan prestasinya sebagai media loncatan menatap masa depan yang penuh semangat berkarya.

 

Komentar atas Kerajinan Mural Wajah Karya Masyarakat Desa Ngembel

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Ngembel

tampilkan dalam peta lebih besar