Semarak Warga Desa Ngembel dalam Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Administrator 14 Juni 2018 22:59:48 WIB

Ramadhan telah sampai di penghujung bulan, itu artinya Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan masyarakat dalam menyambut Hari Raya telah mulai dipersiapkan. Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa disebut oleh masyarakat setempat dengan istilah lebaran, mampu menghadirkan semarak dalam penyambutannya. Beberapa persiapan menyambut lebaran tersebut nampak dari kegiatan bersih lingkungan, bersih masjid, kegiatan menghias jalan maupun menghias masjid sebagai lokasi pelaksanaan Sholat Idul Fitri.

Kegiatan bersih lingkungan maupun hias jalan sendiri sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di Desa Ngembel dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Kegiatan tersebut setidaknya tercatat dimulai pada Hari Minggu, tanggal 3 Juni 2018 dengan melibatkan seluruh masyarakat desa. Dalam kegiatan tersebut, masyarakat bergotong royong dalam kerja bakti membersihkan jalanan, serta membersihkan selokan raya poros desa maupun jalan di lingkungan masing-masing. Selain itu masyarakat juga membersihkan rumput liar dan semak di tepi jalan serta menyingkirkan kerikil-kerikil yang berserakan di sepanjang jalan yang mulai rusak.

Pada Minggu selanjutnya, para warga bergotong royong dalam kegiatan menghias jalan di lingkungan masing-masing. Kegiatan hias jalan ini dilaksanakan oleh masyarakat secara bersama dan suka rela, pun dengan inisiatif sendiri mengumpulkan iuran warga per lingkungannya. Adapun untuk tanggalnya, kegiatan ini disesuaikan pada kesepakatan warga lingkungan setempat. Dalam menghias jalan tersebut, setidaknya diperlukan bambu, banner ucapan selamat, serta kain untuk membuat hiasan tersebut. Bambu sendiri dibutuhkan sebagai tiang dan kerangka lengkungan untuk menempatkan kain rumbai. Selanjutnya hiasan jalan disesuaikan dengan kesepakatan warga di lingkungan masing-masing.

Semarak lebaran tersebut nampak dari pemandangan di sepanjang jalan dan gang-gang masuk dusun. Adapun pemandangan yang dapat dilihat di sepanjang jalan adalah hiasan kain rumbai-rumbai berwarna-warni yang ditata rapi memenuhi lorong jalanan. Hal tersebut dilakukan dengan semangat menyambut Hari Raya Idul Fitri serta menambah keindahan lingkungan, baik jalan poros desa maupun jalan antar lingkungan. Dengan adanya hiasan jalan ini pula diharapankan mampu menambah semangat warga dalam berkunjung ke rumah kerabat guna bersilaturahmi di Hari Idul Fitri. Semoga semarak dan kekompakan masyarakat Desa Ngembel dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya dapat dirawat sebagai tradisi yang dapat mengikat masyarakat dalam nilai kerukunan. Selain itu, semoga kegiatan tersebut dapat menghadirkan manfaat bagi pelaksana maupun yang menikmatinya. Tidak lupa, diakhir tulisan ini kami mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H bagi seluruh warga Ngembel baik yang berdomisili di desa maupun yang berada di luar desa.[]/Syt.Ty//

Komentar atas Semarak Warga Desa Ngembel dalam Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Ngembel

tampilkan dalam peta lebih besar