Mengawal Tumbuh Kembang Anak di Bulan Timbang Agustus

Meiningtiyas 16 Agustus 2018 13:52:49 WIB

Bulan Timbang Agustus merupakan salah satu program dari Pemerintah dalam rangka memenuhi informasi tentang data status gizi balita secara komprehensif dan mencegah terjadinya kekurangan Vitamin A (KVA). Dengan kata lain, program Bulan Timbang Agustus adalah bulan intensifikasi penimbangan dan  bulan vitamin A secara rutin. Melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh Kepala Puskesmas Slawe-Watulimo, disampaikan bahwa kegiatan tersebut akan dilakukan oleh Kader Posyandu bersama Bidan atau petugas kesehatan lainnya dengan sasaran semua balita yang ada di wilayah kerja Posyandu maupun yang tidak pernah datang ke Posyandu.

Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) balita di Desa Ngembel merupakan sebuah kegiatan rutin yang dijadwalkan setiap bulan dalam rangka mengawal tumbuh kembang bayi dan balita. Posyandu yang ada di Desa Ngembel sendiri terbagi dalam empat kelompok berdasarkan letak geografis desa. Hal tersebut disesuaikan berdasarkan satuan wilayah RW. Berdasarkan data dari Bidan Desa, seluruh balita yang ada di Desa Ngembel aktif mengikuti kegiatan Posyandu secara rutin. Kegiatan Posyandu rutin tersebut meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemberian imunisasi, serta pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita. Sementara khusus untuk pemberian vitamin A dijadwalkan pada Bulan Timbang Agustus.

Pada kegiatannya, kesuksesan program Posyandu selalu hadir melalui semangat dari para Kader Posyandu dan peran serta orang tua balita yang rutin datang untuk melakukan timbangan bagi putra-putrinya. Hal tersebut sejalan dengan tingkat kesadaran dan semangat masyarakat Desa Ngembel utamanya bagi para orang tua terhadap tumbuh kembang dan kesehatan putra-putrinya. Tak hanya bagi orang tua balita, kegiatan Posyandu juga menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah Desa Ngembel. Selain itu, kegiatan Posyandu mampu menjadi akses layanan dasar kesehatan bayi dan balita di desa.

Kita tentu menyadari bahwa balita adalah calon generasi penerus bangsa, di mana masa pertumbuhan dan perkembang balita harus menjadi perhatian kita bersama. Kegiatan Posyandu di Desa Ngembel sendiri tercakup dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat yang didanai oleh APBDesa. Hal tersebut diberikan dengan sasaran utamanya adalah para Balita, Ibu Hamil serta Kader Posyandu. Sementara untuk bentuk realisasinya yaitu pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita pada kegiatan Posyandu, pemberian susu untuk Ibu Hamil, PMT untuk balita dengan gizi kurang, serta honorarium dan pembinaan untuk para Kader dari masing-masing Posyandu.

Dengan mempertimbangkan sisi kemanfaatatan kegiatan Posyandu tersebut, mari kita bersama menyukseskan Program Bulan Timbang Agustus ini dengan semangat. Tidak lain, dengan kesuksesan program tersebut secara tidak langsung kita itut mengawal pertumbuhan dan perkembangan para generasi penerus bangsa tersebut agar mampu menjadi generasi sehat dan cerdas.[]/Syt.Ty//

Komentar atas Mengawal Tumbuh Kembang Anak di Bulan Timbang Agustus

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Ngembel

tampilkan dalam peta lebih besar