Tanggap Tuberculosis: Sosialisasi dan Penyuluhan  Penyakit TB  Paru untuk Masyarakat

Administrator 27 September 2018 18:45:01 WIB

Kamis, 27 September 2018 Balai Desa Ngembel nampak padat oleh para lansia Desa Ngembel. Tepatnya pada hari ini, agenda rutin posyandu lansia dilaksanakan di balai desa. Namun berbeda dengan kegiatan posyadu lansia sebelumnya, pagi ini dilaksanakan pula kegiatan sosialisasi dan penyuluhan TB (Tuberculosis) paru bagi masyarakat Desa Ngembel. Kegiatan tersebut masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Slawe-Watulimo dan difasilitasi oleh TP PKK Desa Ngembel. Sementara untuk kegiatan sosialisasi sendiri, disampaikan langsung oleh  dr. Na’ima beserta para petugas dari Puskesmas tersebut. Selain itu, pada kegiatan tersebut, hadir pula para kader posyandu balita dan masyarakat umum yang memiliki keluhan tentang saluran pernafasan.

Dalam materinya, dr. Na’ima menyampaikan bahwa Tuberculosis atau biasa dikenal TB merupakan penyakit menular dan berbahaya. Penyakit itu disebabkan oleh infeksi bakteri, pun dapat menular melalui udara. Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga disampaikan mengenai gejala TB dan cara pengobatannya. Sehingga jika ditemukan gejala penyakit tersebut,  masyarakat dapat segera melakukan  pemeriksaan kesehatan di Polindes maupun Puskesmas terdekat. Dalam kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan siosialisasi mengenai penyakit dan bahaya penyakit bagi penderitanya, melainkan dilakukakan pula penyuluhan terhadap peserta sosialisasi khususnya untuk lansia peserta posyandu. Dalam penyuluhan tersebut dilakukan pula pemeriksaan kesehatan.

Para peserta penyuluhan nampak sangat antusias menyimak materi yang diberikan dalam kegiatan sosialisasi, pun dengan diadakannya penyuluhan dan pemeriksaan gratis bagi kesehatan khususnya gangguan pada pernafasan. Semoga dengan dilaksanakannya sosialisasi ini mampu meningkatkan perhatian masyarakat terhadap kesehatan, utamanya pada pentingnya kesehatan saluran pernafasan. Dengan mengetahui gejala dan bahaya bagi penderita, mari kita selalu menjaga kesehatan dan segera memeriksakan diri ke Polindes atau Puskesmas jika mengalami gangguan kesehatan. Hal tersebut dimaksudkan agar penyakit segera ditangani dengan bantuan medis dengan layanan terbaik tenaga medis. []/Syt.Ty//.

 

 

Komentar atas Tanggap Tuberculosis: Sosialisasi dan Penyuluhan  Penyakit TB  Paru untuk Masyarakat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Ngembel

tampilkan dalam peta lebih besar